Hari Sumpah Pemuda 28 oktober 2012

Selamat Hari Sumpah Pemuda ALL... kalian tau makna arti sumpah pemuda.? kalo belum tau simak ya.

Sumpah Pemuda, setiap putra putri bangsa Indonesia akan merinding jika mendengarkan ikrar sumpah pemuda. Jelas saja karena ikrar sumpah pemuda merupakan pemersatu kita sebagai putra dan putri bangsa Indonesia yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan, kekeluargaan, dan kebangsaan.

Tapi, entah apa yang terjadi sekarang ini semua nilai dan norma pemuda pemudi Indonesia bergeser dari tempat yang semestinya. Tawuran, perkelahian, pemerkosaan, pencurian dan lain sebagainya menghiasi pemberitaan publik. Yang mencerminkan semakin terpuruknya bangsa kita. Jika kita menengok ke belakang ketika pemuda pemudi Indonesia mempertahankan dan menjaga kedaulatan rakyat dengan seluru tumpah dara serta keringat. Mestinya kita malu dan berusaha untuk memperbaiki semuanya. Jika tidak bisa secara nasional, marilah kita sendiri yang memulai membenahi dari diri kita sendiri.

Berikut adalah teks Ikrar Sumpah Pemuda :

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama :
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA


Mungkin banyak dari warga negara Indonesia yang sudah lupa bagaimana bunyi Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda merupakan hasil rumusan dari Kongres Pemuda II Indonesia yang pada waktu itu dihadiri oleh berbagai wakil organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Ambon, Jong Islamieten Bond, Jong Sumatranen Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, Pemuda Tionghoa, dan lain-lain. Pada momen 84 tahun lalu itu, juga dikumandangkan pertama kalinya lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan WR Soepratman tanpa syair dengan menggunakan biola.

Sumpah Pemuda adalah bukti otentik kelahiran bangsa Indonesia, yang merupakan buah dari perjuangan rakyat setelah ditindas selama ratusan tahun di bawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu. Kondisi ketertindasan tersebut kemudian mendorong para pemuda untuk membulatkan tekad mengangkat harkat dan martabat hidup rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Hari Sumpah Pemuda merupakan tonggak awal negara kita dikenal sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pancasila ditetapkan sebagai ideologi untuk mempersatukan perbedaan-perbedaan di setiap wilayah kepulauan NKRI dan Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa nasional negara kita.

Pada saat ini, makna Sumpah Pemuda mulai memudar. Tidak ada lagi semangat para generasi muda kita seperti para pemuda Indonesia saat itu. Bahkan tidak sedikit kalangan pemuda Indonesia yang tidak hafal sila-sila Pancasila. Kegiatan upacara bendera semakin jarang kita lihat di sekolah-sekolah setiap hari Senin. Selain itu, terkikisnya makna Sumpah Pemuda kini terlihat dari sering terjadinya tawuran antarpemuda dan perang antarsuku. Dalam Sumpah Pemuda tertulis bahwa kita berbangsa satu, yaitu bangsa Indonesia, dimana terdapat berbagai macam suku yang seharusnya hidup rukun dan damai.

Memaknai Hari Sumpah Pemuda tidak harus dilakukan dengan sesuatu yang rumit dan sulit. Tugas para pemuda adalah mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia dengan rasa cinta tanah air. Hal ini dapat diwujudkan dimulai dari hal kecil, seperti rasa peduli terhadap lingkungannya, tidak menilai orang berdasarkan agama atau sukunya, mencintai produk dalam negeri, dan sebagainya, dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, hingga masyarakat. Generasi muda adalah generasi penerus bangsa yang wajib memaknai Hari Sumpah Pemuda secara positif.

oke sekarang para pemuda harus bisa menjadi pemuda yang baik dan tidak ada lagi kata TAURAN di kalangan PEMUDA INDONESIA. #PEMUDAINDONESIA

Share this article :

Posting Komentar

Terimakasih Telah Membaca Artikel Ini , Komentar Anda Sangat Dibutuhkan...

 

Copyright © 2012. Ekslusif On Teenagers
Created By WOW